Sabtu, 23 Oktober 2010

Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan merupakan sesuatu yang saling berkaitan diantara keduanya.Karena pada dasarnya manusia adlah makhluk yang harus membudidayakan dirinya.Dalam kesehariannya, manusia selalu berfikir,berbuat, bertingkah laku,berkomunikasi, dan beraktivitas lainnya sehingga mampu menciptakan Kebudayaan. Sebagai mahluk Tuhan yang paling sempurna dibandingkan mahluk lainnya, manusia telah mampu menciptakan Kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun temurun.
Hakekat Manusia dan Kebudayaan
a.Pengertian manusia
Secara bahasa manusia berasal dari kata "manu"(Sansekerta),"mens" (Latin), yang berarti berfikir,berakal budi atau mahluk yang berakal budi (mampu menguasai mahluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep ata sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas sebuah kelompok (genus)) atau seorang individu.
Dalam hubungannya  dengan lingkungan, manusia merupakan suatu organisme hidup.Terbentuknya pribadi seseorang dipengaruhi oleh lingkungan bahkan secara ekstrim dapat dikatakn, setiap orang beraasal dari satu lingkungan, baik lingkungan vertikal (genetika,tradisi), horizontal (geografik, fisik, sosial), maupun kesejarahan. Oleh karena itu lingkungan mempunyai pengaruh besar terhadap manusia itu sendiri.
b.Pengertian Kebudayaan
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akl) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kat Lati Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadangditerjemahkan sebagai kultur dalam bahasa indonesia.
Definisi Kebudayaan menurut antropologi :
E.B Taylor : 1871: Suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan,seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari manusia sebagai anggota masyarakat tertentu.
Kluckhohn dan Kelly: 1945 berpendapat: Semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang eksplisit maupun implisit, rasional, irasional, yang ada pada suatu waktu, sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.
Koentjaraningrat: 1979 yang mengatakan budaya denga : Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusiadalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
Berddasarkan pendapat para ahli antropologitersebut, diketahuilah bbahwa peran pendidikan ssangatlah penting dalam menciptakan tindakan manusia yang berkebudayaan.
Tiga Wujud Kebudayaan
1. Wujud gagasan, konsep, dan pikiran manusia
Kebudayaan dalam wujud hal seperti ini bersifat abstrak, karena wujudnya berada dalam pikiran masing-masing masyarakat ditempat kebudayaan itu hidup.
2.Wujud aktivitas
Aktivitas manusia dengan lingkungan sekitar dalam kegiatan sehari-hari daari waktu ke waktumemunculkan sesuatu untuk diabadikan,difoto,dan juga diobservasi.
3.Wujud sebagai hasil karya manusia
Aktivitas manusia sehari-hari umumnya dilakukan dengan menggunakan benda sebagai sarana dan prasarana. Dari situ lahir kebudayaan dalam bentuk fisik yang konkret, bisa bergerak maupun tidak.
Unsur-Unsur Kebudayaan
1.Sistem Religi
Setiap manusia memiki kepercayaan yang berbeda terhadap adanya Sang Pencipta yang muncul atas kesadaran adanya zat yang lebih kuat atau Maha Kuasa.
2.Sistem Organisasi Kemasyaratan
Sistem yang muncul ata kesadaran manusia yang memiliki keterbatasan kemampuan dalam melaksanakan kehidupannya, sehingga timbul rasa untuk bersatu atau beerorganisasi.
3.Ilmu Pengetahuan
Sistema yang terlahir karena setiap manusia memiliki akal dan pikiran yang berbeda sehingga memunculkan dan mendapatkan sesuatu yang berbeda pula,sehingga perlu disampaikan agar yang lain juga mengerti.
4. Bahasa
Sesuatu yang berawal daari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagai llisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia.
5. Sistem Mata Pencaharian
Timbul karena manusia memiliki hawa nafsu, sehingga mempunyai keinginan yang tak trbatas dan selalu inngin lebih.
6.Teknologi dan Peralatan
Timbul dari kemampuan manusia dalam menciptakan barang-baran dan sesuatu yang baru, untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Fungsi Kebudayaan
"Fungsi kebudayaan adalah untuk mengatur manusia agar dapat mengerti bagaiman seharusnya bertindak dan berbuat untuk menentukan sikap kalau akan berhubungan dengan orang lain didalam menjalankan hidupnya."
Sebagaimana yang terjadi di negara ini,yang memiliki berbagai macam budaya disetiap daerahnya. Setiap daerah, masyarakatnya memiliki ciri khas tertentu dalam berbuat dan bertingkah laku dilingkungannya. Hal inilah yang menjadikan adanya perbedaaan budaya hingga saat ini.

Sumber :
http//id.wikipedia.org/wiki/budaya
A.A. Sitompul, Manusia dan budaya, Jakarta : Gunuung Mulia,1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar